Tips dan Pembahasan Soal UAS UT 2024/2025 PDGK4401 Materi dan Pembelajaran PKN SD
Belajar buat UAS Universitas Terbuka (UT) emang kadang bikin pusing, apalagi buat matkul kayak PDGK4401: Materi dan Pembelajaran PKN SD. Tapi, tenang aja, artikel ini bakal kasih lo gambaran lengkap tentang soal, materi, dan cara belajarnya biar lo bisa gas pol nilai bagus! Yuk, kita bongkar satu-satu.
Kenapa Materi PKN SD Itu Penting?
PKN di SD bukan cuma soal hafalan Pancasila atau nyanyi lagu nasional, bro. Lebih dari itu, ini tentang gimana ngajarin anak-anak untuk ngerti:
Nilai-nilai Pancasila: Kayak gotong royong, keadilan, dan persatuan.
Hak dan kewajiban sebagai warga negara: Misal, ngerti kalau mereka punya hak bermain tapi juga harus belajar.
Nasionalisme: Biar mereka cinta sama negara, bukan cuma nempel bendera waktu 17-an.
Matkul ini ngajarin calon guru (kayak lo) buat ngemas materi ini jadi lebih fun, gampang dimengerti, dan relevan sama kehidupan anak-anak.
Rangkuman Materi Penting PDGK4401
Materi di PDGK4401 biasanya dibagi jadi beberapa tema inti. Yuk, kita bahas garis besarnya:
1. Pancasila sebagai Ideologi Negara
Lo bakal belajar gimana ngajarin anak SD tentang 5 sila, termasuk contoh penerapannya di kehidupan sehari-hari. Misalnya:
Ketuhanan Yang Maha Esa: Hormat ke agama lain.
Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Jangan ngebully temen.
2. Demokrasi dan Hak Warga Negara
Topik ini ngajarin anak SD biar ngerti pentingnya musyawarah. Contoh di kelas: bikin anak diskusi bareng sebelum milih ketua kelas. Selain itu, lo juga diajarin gimana ngajarin hak-hak dasar anak-anak, kayak hak mendapatkan pendidikan dan bermain.
3. Cinta Tanah Air
Anak SD harus diajarin rasa cinta Indonesia lewat kegiatan, kayak upacara bendera atau cerita soal perjuangan pahlawan. Lo bakal belajar bikin materi kreatif biar mereka lebih engage.
4. Keberagaman di Indonesia
Indonesia itu kaya budaya, bahasa, dan adat. Tantangan lo adalah ngajarin toleransi tanpa bikin anak bosan. Di matkul ini, lo bakal diajarin cara bikin proyek kreatif, kayak mengenal pakaian adat atau makanan khas daerah.
5. Masalah Sosial di Lingkungan
Anak-anak juga perlu peka sama isu kayak kebersihan lingkungan, gotong royong, dan bantu temen yang kesulitan.
Jenis-Jenis Soal UAS PDGK4401
Soal UAS biasanya ada dua tipe:
Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda di UAS ini biasanya lebih fokus ke pemahaman konsep. Contohnya:
“Apa tujuan utama pendidikan Pancasila di SD?”
Pilihan:
a. Meningkatkan hafalan siswa
b. Menanamkan nilai-nilai Pancasila
c. Melatih kemampuan logika
Jawaban: b
Esai
Soal esai bakal nguji lo buat menjelaskan atau menganalisis materi secara mendalam. Misalnya:
“Jelaskan bagaimana cara menanamkan nilai demokrasi pada siswa SD!”
Jawabannya harus detail, contoh nyata, dan relevan. Misal, lo tulis tentang simulasi pemilihan ketua kelas.
50 soal UAS UT materi dan pembelajaran PKN SD PDGK4401 jurusan PGSD semester 8 lengkap kunci jawabannya.
1. Hasil penelitian Cogan yang berhasil mengidentifikasi delapan karakteristik yang perlu dimiliki warga negara sehubungan dengan semakin beratnya tantangan yang harus dihadapi di masa mendatang. Karakteristik warga negara tersebut meliputi, kecuali…
A. Kemampuan mengenal dan mendekati masalah sebagai warga masyarakat global
B. Kemampuan bekerjasama dengan orang lain dan memikul tanggung jawab atas peran atau kewajibannya dalam masyarakat
C. Kemampuan untuk memahami, menerima, dan menghormati perbedaan-perbedaan budaya
D. Kemampuan berpikir kritis dan ekstrimis
Jawaban: D
2. Suatu sistem yang merujuk pada orang-orang yang menjadi subyek dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, yang terdiri atas pemerintah’ dan ‘yang diperintah’. Kedua jenis subyek ini yaitu pemerintah dan yang diperintah pada dasarnya memiliki atribut yang sama, yaitu sebagai warga negara, namun dalam fungsinya yang berlainan. Dari perspektif demokrasi, yang disebut pertama adalah pemegang mandat atau amanat dengan seperangkat wewenangnya untuk mengelola kepentingan bersama dan mewujudkan tujuan bersama. Yang kedua adalah pemberi mandat, pemegang kedaulatan, merupakan system….
A. Sistem personal
B. Sistem kelembagaan
C. Sistem normative
D. Sistem kewilayahan
Jawaban: A
3. Portofolio dalam pembelajaran PKn merupakan kumpulan informasi yang tersusun dengan baik yang menggambarkan rencana kelas siswa berkenaan dengan suatu isu kebijakan publik yang telah diputuskan untuk dikaji mereka, baik dalam kelompok kecil maupun kelas secara keseluruhan. Portofolio kelas berisi bahan-bahan seperti pernytaan-pernyataan tertulis, peta, grafik, photgrafi, dan karya seni asli. Bahan-bahan tersebut menggambarkan hal-hal sebagai berikut, kecuali ... .
A. hal-hal yang akan dipelajari siswa berkenaan dengan suatu masalah yang telah mereka pilih
B. hal-hal yang terlah dipelajari siswa berkenaan dengan alternatif-alternatif pemecahan terhadap masalah tersebut
C. kebijakan publik yang telah dipilih atau dibuat oleh siswa untuk mengatasi masalah tersebut
D. rencana tindakan yang telah dibuat siswa untuk digunakan dalam mengusahakan agar pemerintah menerima kebijakan yang mereka usulkan
Jawaban: A
4. Dalam usaha mencapai tugas-tugas pembelajaran portofolio ini ditempuh melalui enam tahap kegiatan, tahap kedua membahas tentang ….
A. Mengidentifikasi Masalah Kebijakan Publik Di Masyarakat
B. Memilih Satu Masalah Untuk Kajian Kelas
C. Mengumpulkan Informasi Tentang Masalah Yang Akan Dikaji Kelas
D. Membuat Portofolio Kelas
Jawaban: B
5. Dalam kelompok portofolio yang bertanggung jawab untuk menjelaskan masalah yang telah dipilih untuk dikaji oleh kelas. Kelompok ini pun harus menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mengapa lembaga pemerintahan tersebut harus menangani masalah tersebut, merupakan tugas dari kelompok….
A. Kelompok portofolio Satu: Menjelaskan Masalah
B. Kelompok Portofolio Dua: Menilai kebijakan alternatif yang diusulkan untuk memecahkan masalah
C. Kelompok Portofolio Tiga: Membuat satu kebijakan publik yang akan didukung oleh kelas
D. Kelompok Portofolio Empat: Membuat suatu rencana tindakan agar pemerintah mau menerima kebijakan kelas
Jawaban: A
6. Penilaian portofolio dilakukan terhadap dua hal, yaitu portofolio masing-masing dari keempat kelompok portofolio, dan portofolio keseluruhan (kelas). Untuk menilai portofolio kelompok (1 - 4), digunakan kriteria berikut, kecuali…..
A. Kelengkapan, Apakah setiap seksi memuat bahan-bahan yang diuraikan pada deskripsi tugas setiap kelompok di atas? Apakah para siswa memasukkan bahan-bahan lebih dari yang diperlukan?
B. Kejelasan, Apakah portofolio siswa tersusun dengan baik? Apakah portofolio siswa ditulis dengan jelas, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar? Apakah gagasan-gagasan utama dan argumen-argumen di dalamnya mudah dipahami?
C. Informasi, Apakah informasinya akurat? Apakah informasinya memuat fakta-fakta utama dan konsep-konsep penting? Apakah informasi yang siswa masukkan penting untuk memahami topik kajian?
D. Bentuknya, apakah dijili datau tulis tangan?
Jawaban: D
7. Manusia merupakan perjumlahan daripada beberapa kemampuan tertentu yang masing-masing bekerja tersendiri seperti kemampuan-kemampuan vegetatif yaitu makan dan berkembang biak, kemampuan sensitif yaitu kemampuan bergerak mengamat-amati, bernafsu dan perasaan, dan kemampuan intelektif yaitu berkemampuan berkecerdasan, merupakan pandangan tentang individu menurut…..
A. Gerungan
B. Lysen
C. Aristoteles
D. Descartes
Jawaban: C
8. Kebenaran yang meliputi kebenaran dalam arti benar dalam kehidupan sehari-hari meliputi kebenaran menurut agama, hukum, dan ilmu pengetahuan dalam Catur Purusa Artha yaitu merupakan arti dari….
A. Dharma
B. Artha
C. Kama
D. Moksa
Jawaban: A
9. Berikut ini merupakan pernyataan yang berkaitan dengan individu sebagai makhluk social, kecuali….
A. Manusia tak mungkin hidup tanpa bantuan orang lain dan selanjutnya dengan menggunakan daya pikirnya manusia berupaya bagaimana agar dapat memenuhi kebutuhan pokok, tentu memerlukan bantuan orang lain
B. Untuk menjalin hubungan satu sama lain memerlukan aktivitas komunikasi. Karena kecenderungan manusia berkeinginan untuk hidup serasi sebagai timbal balik satu sama lain karena manusia mempunyai dua hasrat yaitu berkeinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekelilingnya
C. berkeinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya
D. dalam memenuhi kebutuhannnya manusia selalu mengedepankan sifat unutk berkuasa, sehingga dikenal dengan hukum rimba
Jawaban: D
10. Suatu organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan yang ditaati oleh rakyatnya, merupakan pandangan dari….
A. Miriam Budiardjo
B. Roger H. Soltau
C. Harold J. Laski
D. Max Weber
Jawaban: A
11. Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang, terdapat dapam UUD 1945 pasal….
A. Pasal 28
B. Pasal 29
C. Pasal 30
D. Pasal 31
Jawaban: A
12. Menurut Cogan, bahwa warga negara harus memiliki identitas atau jati diri sesuai dengan ideologi negaranya, seperti warga negara Indonesia, ia memiliki identitas sebagai insan Tuhan, insan yang peduli terhadap orang lain dan lingkungannya, dan loyal terhadap bangsa dan negaranya, merupakan kategori….
A. A sense of identify
B. The enjoyment of certain rights
C. The fulfilment of corresponding obligations
D. A degree of interest and involvement in public affairs
Jawaban: A
13. Buku, model pakaian, bendera, lambing merupakan Media dalam PKn yang bersifat…..
A. Yang bersifat materiil
B. Yang bersifat imateriil
C. Yang bersifat kondisional
D. Yang bersifat personal
Jawaban: A
Baca Juga: KUMPULAN CONTOH Soal Ujian Mandiri 2023 dan Pembahasannya, Latihan Soal Ujian Mandiri Saintek/Soshum 2023
14. Sistem tanam paksa mewajibkan rakyat menanami sebagian dari sawah dan atau ladangnya dengan tanaman yang ditentukan oleh pemerintah dan hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Adapun pokok-pokok Peraturan Tanam Paksa itu sebagai berikut, kecuaali…..
A. Petani diwajibkan menyediakan 1/5 dari tanahnya yang akan ditanami oleh tanaman wajib, yang akan diperdagangkan oleh Pemerintah. Tanaman wajib itu berupa taruma (nila), tebu, tembakau, kopi
B. Hasil tanaman wajib diserahkan kepada pemerintah dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah
C. Tanah yang dikenakan tanaman wajib harus ada pajak tanah, tetapi kecil
D. Tenaga yang diperuntukkan bagi pemeliharaan tanaman wajib, tidak boleh melebihi tenaga kerja demi penggarapan tanah (sawah)
Jawaban: C
15. Sejak tahun 1932, organisasi ini dipimpin oleh Moh. Hatta, bertujuan melepaskan diri dari penjajahan untuk mencapai kemerdekaan dan menjunjung tinggi sikap nonkoperasi dengan pihak pemerintah Belanda, adalah…..
A. Pendidikan Nasional Indonesia (PNI Baru)
B. Partai Indonesia (Partindo)
C. Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindo)
D. Partai Persatuan Indonesia (Parpindo)
Jawaban: A
16. Savage & Armstrong (1996) mengemukakan generalisasi yang penting dan hendaknya di ajukan ketika guru membelajarkan sejarah di kelas. Aktivitas pembelajaran ini sangat penting untuk guru PKn di sekolah dasar terutama untuk membelajarkan mereka dalam proses pengambilan keputusan di kelas, kecuali…..
A. Perubahan yang terus-menerus merupakan sesuatu yang bersifat universal dan tidak dapat dihindari
B. Percepatan perubahan dalam masyarakat bervariasi menurut faktor-faktor, seperti nilai dari masyarakat, luasnya keragaman, dan frekuensi dalam komunikasi dengan budaya lain
C. Peristiwa masa lampau tidak mempengaruhi peristiwa masa kini
D. Sejarah kebudayaan memberikan kerangka pemikiran dan tindakan dalam persoalan budaya hari ini
Jawaban: C
17. Tari Topeng berasal dari daerah….
A. Tari Topeng dari Cirebon
B. Tari Kipas dari Sulawesi Selatan
C. Tari Piring dan tari Payung dari Sumatera Barat
D. Tari Jaipong Jawa Barat
Jawaban: A
18. Menurut Koentjaraningrat tipe sosial budaya yang dimiliki bangsa Indonesia, dimana Sistem dasar kemasyarakatannya berupa desa komuniti petani dengan defferiansi dan stratifikasi sosial yang sedang; masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya mewujudkan suatu peradaban bekas kerajaan berdagang dengan pengaruh yang kuat dari agama Islam, bercampur dengan suatu peradaban kepegawaian yang dibawa oleh system pemerintahan kolonial; gelombang pengaruh kebudayaan Hindu tidak dialami, atau hanya sedemikian kecilnya sehingga terhapus oleh pengaruh agama Islam. Contoh kebudayaan Aceh, Minangkabau, dan Makasar, merupakan tipe…..
A. Tipe masyarakat berkebun yang amat sederhana dengan keladi dan ubi jalar sebagai tanaman pokoknya dalam kombinasi dengan berburu atau meramu; penanaman padi tak dirasakan
B. Tipe masayarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman pokok
C. Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya
D. Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya
Jawaban: C
Baca Juga: 100 SOAL UP PPG 2023 dan Kunci Jawaban, Contoh Latihan Soal Uji Pengetahuan UP PPG Daljab 2023
19. Menurut Ernest Renan bangsa Indonesia terbentuk dari orang-orang yang mempunyai persamaan latar belakang sejarah, pengalaman serta perjuangan yang sama dalam mencapai hasrat untuk bersatu, bahwa terbentuknya bangsa karena adanya kesamaan dalam hal, kecuali….
A. Latar belakang sejarah
B. Pengalaman
C. Perjuangan dalam mencapai kemerdekaan
D. Status
Jawaban: D
20. Menurut I.G.K. Wardani rambu-rambu pelaksanaan Bermain peran, yaitu sebagai berikut, kecuali…..
A. Setiap siswa sebaiknya memerankan peran yang berbeda sehingga penghayatannya terhadap nilai dan sikap menjadi lebih mantap
B. Jika pemahaman terhadap peran berlangsung lambat, guru dapat meminta siswa membuat scenario, sehingga permainan menjadi lebih lancar
C. Jika diperlukan, guru dapat memodelkan permainan peran, terutama peran-peran yang dianggap sukar untuk dihayati
D. Peran yang akan dimainkan haruslah tidak perlu menyeseuaikan dengan tingkat berpikir dan usia serta pengalaman siswa
Jawaban: D
21. Pada tanggal 9 Agustus 1945 pemerintah Jepang membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang disingkat PPKI (Dokuritsu Junbi Iinkai) yang diketuai oleh Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta sebagai wakilnya. Panitia ini mempunyai fungsi yang amat penting, lebih-lebih setelah Indonesia merdeka tetapi belum memiliki kelembagaan negara seperti disebutkan dalam UUD 1945. Badan ini semula bersifat badan buatan Jepang, namun setelah Indonesia memprok¬lamasikan kemerdekaannya mempunyai sifat Badan Nasional Indone¬sia. Kemudian PPKI mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting yaitu, kecuali….
A. Mewakili seluruh bangsa Indonesia
B. Sebagai pembentuk Negara (yang menyusun Negara Republik Indo¬nesia setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945)
C. Mempunyai wewenang untuk meletakkan Dasar Negara (pokok kaidah negara yang fundamental)
D. Membentuk kabinet
Jawaban: D
22. Para ahli diantaranya Notonagoro, Dardji Darmodihardjo, dan Hazairin berpendapat bahwa sila-sila dalam Pancasila merupakan rangkaian kesatuan dan kebulatan yang tidak terpisahkan, karena tiap sila mengandung empat sila lainnya. Kesatuan dan kebulatan yang benar, adalah….
A. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa, menjiwai dan meliputi sila II, III, IV, dan V
B. Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab, menjiwai dan meliputi sila I, menjiwai dan meliputi sila III, IV, dan V
C. Sila Persatuan Indonesia, menjiwai dan meliputi sila I dan II, menjiwai dan meliputi sila IV dan V
D. Sila Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan permusyawaratan/ perwakilan, menjiwai dan meliputi sila I,II, III, dan menjiwai dan meliputi sila V
Jawaban: A
23. Berikut ini merupakan pernyataan tentang Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, kecuali….
A. Dengan pandangan hidup inilah suatu bangsa akan memandang persoalan yang dihadapinya dan menentukan arah serta memecahkannya secara tepat. Tanpa memiliki pandangan hidup, suatu bangsa akan merasa terombang ambing dalam menghadapi persoalan besar yang timbul, baik persoalan masyarakatnya sendiri maupun persoalan besar umat manusia dalam pergaulan masyarakat bangsa-bangsa di dunia
B. Dalam pandangan hidup bangsa terkandung konsepsi dasar mengenai kehidupan yang dicita-citakan, terkandung pula dasar pikiran terdalam, dan gagasan mengenai wujud kehidupan yang dianggap baik
C. Pandangan hidup adalah kristalisasi dan institu¬sionalisasi dari nilai-nilai yang dimiliki, yang diyakini kebe¬narannya, dan menimbulkan tekad untuk mewujudkannya
D. Pancasila dipergu¬nakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara. Seba¬gai landasan untuk menyelenggarakan negara, Pancasila ditafsirkan dalam bentuk aturan yaitu pasal-pasal yang tercantum dalam UUD 1945
Jawaban: D
24. Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan yang berkaitan dengan sejarah pembentukan UUD 1945, adalah….
A. Kembali menggunakan UUD 1945 sejak 5 Juli 1959 (melalui Dekrit Presiden), yang kemudian diadakan perubahan (amandemen) pada tahun 1999 dan tahun 2000
B. Panitia Perumus, yang beranggotakan 9 orang dengan ketuanya Ir. Soekarno. Pada tanggal 22 Juni 1945 panitia tersebut berhasil menyusun naskah rancangan Pembukaan UUD yang dikenal dengan nama Piagam Jakarta
C. Pada tanggal 14 Juli 1945, sidang BPUPKI yang dipimpin ketua BPUPKI yaitu dr. Radjiman Wedyodiningrat menerima bulat dua rancangan dari panitia perancang UUD yaitu Rancangan Naskah Proklamsi dan Rancangan mukadimah/pembukaan UUD (berasal dari naskah Piagam Jakarta)
D. Pada tanggal 18 Agustus 1945, BPUPKI mengadakan sidangnya yang pertama dengan menetapkan keputusan yang penting bagi kehi¬dupan negara yaitu menetapkan dan mensahkan Pembukaan UUD 1945 yang bahan-bahannya hampir seluruhnya diambil dari Rancangan Pembukaan UUD yang telah disusun oleh Panitia perumusan tanggal 22 Juni 1945
Jawaban: D
25. Cara memperoleh konstitusi yang biasanya terjadi pada negara-negara yang berdirinya di atas negara-negara yang telah ada. Setelah negara baru itu ada, dibentuklah pemerin¬tahan dan dibuatlah UUD yang kemudian ditawarkan kepada rakyat untuk mendapat persetujuan, adalah….
A. UUD yang diperoleh dengan cara Grants
B. Deliberate Creation
C. Revolusi
D. UUD yang diperleh dengan cara Oktroi
Jawaban: C
26. Sistem Pemerintahan Negara. Materi tentang sistem pemerin¬tahan negara Indonesia tersirat dalam batang tubuh yang kemudian dijelaskan dengan tegas dan sistematis dalam Penjelasan umum UUD 1945. Dalam penjelasan tersebut tercantum tujuh butir kunci pokok yang merupakan sistem pemerintahan negara menurut UUD 1945. Kunci pokok pertama adalah….
A. Indonesia ialah “Negara yang Berdasar atas Hukum (Rechtsstaat)”. Negara Indonesia berdasarkan hukum (rechtsstaat), tidak berdasarkan atas kekuasaan belaka (machtsstaat). Hal ini mengandung arti bahwa negara (termasuk di dalamnya pemerintah dan lembaga-lembaga negara yang lain) dalam melaksanakan tindakan apapun harus dilandasi oleh hukum, dan harus dipertanggungjawabkan secara hokum
B. Pemerintah berdasar atas sistem konstitusi (hukum dasar), tidak bersifat absolutisme (kekuasaan yang tidak terbatas). Pernyataan tersebut mengandung arti bahwa penyelenggaraan pemerintahan di negara Indonesia berdasarkan pada sistem konstitusional. Dengan demikian, kekuasaan-kekuasaan aparatur negara dan aparatur pemerintahan harus bersumber pada UUD 1945 atau pada peraturan perundang-undangan yang berlaku
C. Kekuasaan Negara yang tertinggi di tangan MPR. MPR yang dianggap sebagai penjelmaan seluruh rakyat Indonesia merupakan pemegang kedaulatan rakyat (buka kembali UUD 1945 pasal 1 ayat(2). Majelis inilah yang memegang kekuasaan negara tertinggi, sedangkan Presiden merupakan peneri¬ma mandat dari MPR yang harus menjalankan haluan negara menurut garis-garis besar yang ditetapkan MPR
D. Presiden ialah penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi di bawah majelis. Hal ini men¬gandung arti bahwa presiden Indonesia merupakan penyelenggara pemerintah negara yang tertinggi, tetapi kedudukannya berada di bawah MPR, bahkan harus bertanggung jawab kepada MPR. Kemudian ditegaskan dalam penjelasan bahwa dalam menjalankan pemerintahan negara, kekuasan dan tanggung jawab adalah ditangan Presiden (concentration of power and responsibility upon the president)
Jawaban: A
27. Beberapa hal penting yang menun¬jukkan di satu pihak mengurangi dominasi kekuasaan Presiden dan dilain pihak menambah kekuasaan DPR sebagai lembaga legislatif yang juga mewakili rakyat. Antara lain dalam hal Presiden mengangkat dan menerima duta, yang semula tidak ada ketentuan untuk melibatkan DPR, berubah bahwa dalam mengangkat duta, presiden harus memperhatikan pertimbangan DPR, terdapat dalam….
A. Pemegang kekuasan membentuk Undang-undang yang semula dipegang oleh Presiden (pasal 5 ayat 1), beralih ketangan DPR (amande¬men pasal 20 ayat 1)
B. Periode masa jabatan presiden dan wakil presiden dalam jabatan yang sama yang semula tidak dibatasi, berubah (dibatasi) menjadi maksimal dua kali masa jabatan (amandemen pasal 7)
C. Dalam hal Presiden mengangkat dan menerima duta, yang semula tidak ada ketentuan untuk melibatkan DPR, berubah bahwa dalam mengangkat duta, presiden harus memperhatikan pertimbangan DPR (amandemen pasal 13 ayat 2 dan 3)
D. Dalam hal presiden memberi amnesti dan rehabilitasi, presiden harus memperhatikan pertimbangan DPR (pasal 14 ayat 2)
Jawaban: C
28. C.F.Strong mengemukakan bahwa konstitusi dapat diubah oleh, kecuali…..
A. Kekuasaan legislatif, dengan pembatasan tertentu
B. Rakyat melalui referendum
C. Sejumlah negara bagian (untuk negara serikat)
D. Penafsiran hakim
Jawab:-
29. Pada tanggal 18 Agustus tahun 2000 MPR menetapkan perubahan kedua UUD 1945 dengan mengubah/menambah yang berkaitan dengan pengaturan tentang pemerintahan daerah dalam rangka melaksana¬kan otonomi daerah yang luas, nyata, dan bertanggung jawab, yaitu…..
A. Merubah pasal 18, dan menambahkan pasal 18A dan 18B
B. Amandemen pasal 19
C. Pasal 20A ayat 1-4
D. Amandemen pasal 28A - 28J
Jawaban: A
30. Pola pembelajaran VCT dalam pembelajaran PKN menurut A.Kosasih Djahiri dianggap unggul untuk pembelajaran afektif karena, kecuali….
A. Pertama, mampu membina dan mempribadikan (personalisasi) nilai-moral
B. Kedua, mampu mengklarifikasi dan mengungkapkan isi pesan nilai-moral yang disampaikan
C. Ketiga, mampu mengklarifikasi dan menilai kualitas nilai-moral diri siswa dan nilai moral dalam kehidupan nyata
D. Keempat, mampu mengundang, melibatkan, membina dan mengembangkan potensi diri siswa terutama potensi psikomotor daripada afektualnya
Jawaban: D
31. Dokumen yang berisi beberapa h
Strategi Jawab Soal UAS PDGK4401
Biar nggak panik pas ngerjain soal, cobain strategi ini:
1. Pahami Kisi-Kisi Soal
UT biasanya kasih kisi-kisi yang super membantu. Lo bisa fokus belajar dari situ, terutama tema yang sering muncul kayak Pancasila, demokrasi, dan keberagaman.
2. Belajar dari Modul UT
Modul UT itu udah lengkap banget, jadi jangan cuma baca setengah-setengah. Catat poin-poin penting dan pahami aplikasinya.
3. Latihan Soal
Cari soal UAS tahun-tahun sebelumnya. Biasanya soal-soalnya nggak beda jauh. Latihan soal bikin lo lebih siap dan familiar sama tipe-tipe soal.
4. Bikin Rangkuman Visual
Biar lebih gampang nginget, coba bikin mind map atau diagram dari materi. Ini bisa bikin lo lebih paham alur dan hubungan antar konsep.
5. Diskusi Bareng Temen
Kadang belajar bareng lebih efektif. Lo bisa tukeran catatan atau bahas soal bareng. Siapa tau, insight temen bisa bikin lo lebih ngerti.
Contoh Latihan Soal UAS PDGK4401
Coba kerjain soal-soal ini buat nguji pemahaman lo:
Sebutkan 3 contoh kegiatan di kelas yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila!
Bagaimana cara guru SD mengajarkan toleransi di kelas yang punya murid dari berbagai latar belakang budaya?
Kenapa pendidikan kewarganegaraan itu penting bagi anak SD? Jelaskan dengan contoh!
Jawaban lo harus sesuai teori di modul, tapi tambahin juga kreativitas lo sebagai calon guru.
Kesalahan yang Harus Dihindari
Belajar Sistem Kebut Semalam
Hindari belajar mendadak. Materi PKN itu butuh pemahaman mendalam, jadi belajar bertahap lebih efektif.
Nggak Baca Perintah Soal dengan Teliti
Kadang soal terlihat gampang, tapi ternyata ada jebakan. Pastikan lo baca perintah soal sampai tuntas.
Nggak Pakai Contoh Nyata
Pas jawab soal esai, penting banget buat kasih contoh nyata. Ini bisa nunjukin lo bener-bener paham materi.
Tips Belajar Efektif
Atur Jadwal Belajar: Sisihin waktu tiap hari buat baca modul atau ngerjain soal. Jangan semuanya ditumpuk di akhir pekan.
Gunakan Teknologi: Lo bisa pake aplikasi belajar atau nonton video YouTube buat pemahaman tambahan.
Istirahat Cukup: Jangan lupa jaga kesehatan. Otak butuh istirahat biar tetap fokus.
Kesimpulan
PDGK4401 itu matkul yang seru kalau lo dalemin. Selain buat UAS, ilmu ini bakal kepake banget di dunia kerja nanti sebagai guru SD. Jangan lupa buat belajar dengan strategi yang pas, sering latihan soal, dan pahami aplikasi materi di dunia nyata. Dengan usaha yang maksimal, nilai A pasti bisa lo raih. Selamat belajar dan sukses UAS-nya, bro/sis!