Desa Cikupa Karangnunggal Rayakan Puncak Milangkala ke-53 dengan Semarak dan Penuh Harapan

Cikupa.id - Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menggelar puncak acara perayaan Milangkala ke-53 pada hari Sabtu (25/5/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli bupati Yayat Supriatna, Anggota Dewan Fraksi Golkar Dapil 5 Asep Saepulloh, Camat Karangnunggal Agus Sutisna, Muspika Kecamatan Karangnunggal, para Kepala Desa se-kecamatan Karangnunggal, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ribuan warga Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Desa Cikupa Karangnunggal Rayakan Puncak Milangkala ke-53 dengan Semarak dan Penuh Harapan
Puncak Milangkala Desa Cikupa ke-53 (foto bersama: kepala desa, muspika,dan staf ahli Bupati)

Ribuan warga desa sangat antusias menghadiri dan mengikuti rangkaian acara yang dipusatkan di Lapangan Olah Raga Desa Cikupa. 

Tema "Niti Wanci NU Mustari, Mieling Ka lemah Cai" menjadi semangat yang diusung dalam perayaan milangkala tersebut.

Upacara Adat Sunda Penuh Khidmat dan Hiburan Rakyat

Puncak Milangkala diawali dengan upacara adat Sunda yang berlangsung khidmat dan meriah. Warga tumpah ruah melihat pertunjukan khas Sunda ini, dengan sorak-sorai berbahagia. Karena, dengan adanya sikap Ki lengser yang lucu membuatnya semakin semarak suasana.

Kepala Desa Cikupa, Bapak Yudha Heryadhi, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh warga atas kebersamaan dan partisipasinya dalam membangun sehingga terciptanya kegiatan milangkala desa. Adapun tujuan perayaan ini mempererat tali silaturahmi satu sama lain antara kelembagaan dan warga masyarakat desa Cikupa.

Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus bahu membahu mewujudkan Desa Cikupa yang semakin jaya, maju dan sejahtera.

Disamping itu pula, pada kesempatan yang sama Camat Karangnunggal Agus Sutisna, mengatakan, terimakasih kegiatan milangkala Desa Cikupa Ke-53 atas terselenggaranya, momen ini untuk memotivasi masyarakat agar lebih optimal lagi dalam melaksanakan, mendukung dan melakukan pembangunan di wilayah desa Cikupa, agar lebih maju, jaya dan sejahtera.

Acara dilanjutkan dengan beragam kegiatan yang menghibur masyarakat. 

Penampilan seni tradisional Sunda, menyanyikan mars Cikupa, Lansia, pertunjukan musik dangdut, hingga pengundian nomer untuk jalan sehat turut memeriahkan suasana. 

Sorak-sorai dan gelak tawa warga bergema di Lapangan Olahraga Desa Cikupa, menandakan kemeriahan dan semangat kebersamaan yang tinggi.

Selain acara siang, akan dilanjutkan kembali malam puncaknya dengan hiburan, dari tiap-tiap perwakilan di tiap dusun. Pertunjukan ini merupakan sumbangsih warga masyarakat desa cikupa untuk menyemarakkan milangkala desa Cikupa ke-53 ini.

Bazar Kuliner dan Pameran UMKM

Tidak hanya hiburan, panitia penyelenggara juga menggelar bazar kuliner dan pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Desa Cikupa. 

UMKM Desa Cikupa

Para pengunjung dimanjakan dengan aneka ragam kuliner khas daerah dan produk-produk unggulan hasil kreasi masyarakat desa. 

Bazar ini menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka sekaligus meningkatkan perekonomian desa.

Mengharap Desa Cikupa Lebih Maju

Acara puncak Milangkala ke-53 Desa Cikupa tak hanya diisi dengan kemeriahan. Momen ini juga dimanfaatkan untuk menjalin silahturahmi dengan para mantan kepala desa, ataupun juga keluarga mantan kepala desa yang sudah meninggal.

Dalam sesi ini yang digelar panitia, tanpa adanya para pendahulu Desa Cikupa ini tidak akan terwujud, sehingga kita sebagai warga yang baik selayaknya mengingat jasa beliau-beliau ini.

Perayaan Milangkala ke-53 Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, menjadi simbol semangat kebersamaan dan harapan warga untuk membangun masa depan desa yang lebih baik, maju dan sejahtera.

Melalui berbagai kegiatan yang digelar, perayaan ini tidak hanya sebagai ajang hiburan, tetapi juga sebagai wadah untuk mempererat silaturahmi, meningkatkan rasa cinta tanah air, dan memacu semangat pembangunan desa. Jurnalis Desa : Iman

Momen Puncak Milangkala desa Cikupa ke-53