Contoh Laporan Buku Inventaris Aset Desa Sangat Penting Pencatatannya

Cikupa.id - Dengan adanya Contoh Laporan Buku Inventaris Aset Desa diharapkan dapat menjadikan bahan referensi bagi anda untuk membuat sebuah pelaporan serta pertanggungjawabannya.

Contoh Laporan Buku Inventaris Aset Desa Sangat Penting Pencatatannya
Contoh Laporan Buku Inventaris Aset Desa Sangat Penting Pencatatannya


Arti buku inventaris aset desa

Buku inventaris aset desa adalah merupakan sebuah dokumen penting yang dapat dipakai untuk mencatat seluruh aset desa, baik yang berwujud serta yang tidak berwujud. Buku ini memiliki fungsi untuk mengontrol dan memantau kondisi aset desa, serta untuk keperluan pengelolaan dan pelaporan aset desa.

Jika dilihat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, aset desa merupakan dapat terdiri dari:

  1. Tanah
  2. Bangunan
  3. Peralatan dan mesin
  4. Jalan, jembatan, dan irigasi
  5. Aset tetap lainnya
  6. Aset tak berwujud

Selain itu pula dalam Buku inventaris aset desa harus disusun oleh pemerintah desa secara tertib dan lengkap. Buku ini harus da[at memuat beberapa informasi mengenai:

  • Nama aset
  • Jenis aset
  • Kode aset
  • Identitas aset
  • Asal usul aset
  • Tahun perolehan
  • Harga perolehan
  • Kondisi aset
  • Register/volume

Sedianya dengan begitu, Pemerintah desa harus melakukan inventarisasi aset desa secara berkala, yaitu setiap tahun. Inventarisasi aset desa bertujuan untuk:

  1. Mengidentifikasi seluruh aset desa
  2. Mencatat kondisi aset desa
  3. Menentukan nilai aset desa
  4. Memantau penggunaan aset desa
  5. Melakukan pengendalian aset desa

Proses inventarisasi aset desa dapat digunakan oleh tim inventarisasi aset desa yang dibentuk oleh pemerintah desa. Tim inventarisasi aset desa semestinya dengan aneka dari unsur-unsur yang berkompeten di bidang aset desa.

Dengan begitu dari hasil inventarisasi aset desa dapat pula dilaporkan kepada pemerintah desa untuk selanjutnya ditindaklanjuti. Pemerintah desa harus mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kondisi aset desa. 

Info lebih lanjut di GNews Cikupa.id https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPSDpgwwhvy0BA

Contoh buku inventaris tentang aset desa >>>DISINI