Pembangunan Jalan Setapak Kuburan Pasirlaja di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal

Cikupa.id - Dalam rangka upaya Pemerintah Desa untuk meningkatkan akses dan kualitas hidup masyarakat, pembangunan jalan setapak kuburan Pasirlaja yang terletak di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, memang perlu dilaksanakan yang dimulai pada hari minggu tanggal 29 oktober 2023 dan selesai hari rabu 01 november 2023.

Pembangunan Jalan Setapak Kuburan Pasirlaja di Desa Cikupa

Pembangunan ini dilakukan oleh Pemerintah Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat dengan dana yang bersumber dari Dana Desa Tahap 3 Tahun Anggaran 2023.

Pembangunan Jalan Setapak Kuburan Pasirlaja di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal
Pembangunan Jalan Setapak Kuburan Pasirlaja di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal


Jalan khusus kompleks atau setapak ini sendiri mempunyai panjang sekitar 200 meter, lebar 1,2 meter dan tinggi 0,10 m dengan biaya sebesar Rp 33.748.000,- (tiga puluh tiga juta tujuh ratus empat puluh delapan ribu rupiah). Jalan ini dibangun bertujuan untuk mempermudah akses warga menuju tempat pemakaman atau kuburan yang terletak di Pasirlaja Dusun Cikaret. Perlu diketahui semua bahwa pada sebelumnya, jalan menuju pemakaman/kuburan ini sangat sulit dilalui, terutama pada saat musim hujan.

Pembangunan jalan setapak/khusus kompleks ini sendiri disambut baik dan antusias oleh warga setempat juga yang mempunyai keluarga yang dimakamkan disana. Mereka berharap, semoga dengan adanya jalan ini dapat mempermudah mereka ketika ingin melakukan ziarah keluarganya ke pemakaman/kuburan Pasirlaja ini.

Sementara itu, tempat pemakaman/kuburan Pasirlaja ini merupakan salah satu tempat pemakaman umum atau TPU yang berada di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Tempat Pemakaman/Kuburan ini merupakan tempat pemakaman umum di desa tersebut.

Jalan menuju pemakaman/kuburan pasirlaja ini awal mulanya sangat sulit dilalui, terutama ketika di musim penghujan. Jalan tersebut berupa jalan tanah menanjak yang becek dan berlumpur. Hal ini menyebabkan warga kesulitan untuk mengantarkan jenazah atau ketika berziarah ke kuburan Pasirlaja, terutama para ibu-ibu, lansia, anak-anak maupun penyandang disabilitas.

Pemerintah desa melihat hal ini menyadari kesulitan yang dihadapi oleh warga dalam mengakses TPU kuburan Pasirlaja ini. Oleh karena itu, pemerintah desa memutuskan untuk membangun jalan setapak di area kuburan tersebut atas usulan dan masukan dari warga masyarakat.

Pembangunan jalan setapak ini dilakukan dengan dana pemerintah pusat atau dana desa tahun anggaran 2023 tahap 3. Masyarakat Desa Cikupa bergotong royong tumpah ruah dalam pembangunan jalan setapak tersebut.

Jalan setapak ini dibangun dengan menggunakan material batu dan pasir dengan sistem rabat beton. Jalan ini juga dilengkapi dengan saluran air untuk mencegah terjadinya genangan air saat musim hujan.

Manfaat Pembangunan Jalan Setapak

Pembangunan jalan setapak kuburan/TPU Pasirlaja di desa cikupa ini mempunyai beberapa manfaat, antara lain:

  • Mempermudah akses warga menuju kuburan Pasirlaja. Jalan setapak ini membuat warga lebih mudah untuk berziarah ke kuburan Pasirlaja, baik saat musim kemarau maupun musim hujan.
  • Meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan jalan setapak ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama para ibu-ibu, anak-anak, lansia dan maupunpenyandang disabilitas.
  • Meningkatkan nilai estetika lingkungan sekitar kuburan. Dengan adanya jalan setapak ini dapat menambah dan meningkatkan nilai estetika/keindahan lingkungan sekitar kuburan tersebut.

Kesimpulan

Pembangunan jalan setapak kuburan Pasirlaja merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan ini berjalan lancar tidak ada halangan apapun meski di musim kemarau panjang, dan lebih lebih disambut baik oleh warga setempat, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Dampak Pembangunan Jalan Setapak

Pembangunan jalan setapak kuburan Pasirlaja telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya. Dampak positif tersebut diantaranya adalah:

  • Peningkatan akses warga menuju TPU/kuburan Pasirlaja. Sejak dibangunnya jalan setapak ini, warga Desa Cikupa lebih mudah untuk mengantarkan/berziarah ke kuburan Pasirlaja.
  • Peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan jalan setapak ini telah meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama para lansia dan penyandang disabilitas. Sebelumnya, para ibu-ibu, anak-anak, lansia dan maupunpenyandang disabilitas kesulitan untuk mengantarkan jenazah atau berziarah ke kuburan Pasirlaja. Namun, dengan dibangunnya jalan setapak ini, mereka dapat dengan mudahnya ke kuburan Pasirlaja.
  • Peningkatan nilai estetika lingkungan sekitar kuburan. Jalan setapak ini telah meningkatkan nilai estetika atau keindahan dan kenyamanan lingkungan sekitar kuburan. Jalan setapak ini membuat lingkungan sekitar kuburan menjadi lebih bersih dan rapi.

Pembangunan jalan setapak TPU/kuburan Pasirlaja merupakan salah satu contoh keberhasilan pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pembangunan ini menunjukkan bahwa pemerintah desa setempat peduli terhadap akan semua kebutuhan warga masyarakatnya.

Info Lainnya di Gnews https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPSDpgwwhvy0BA

Pembangunan Jalan Setapak Kuburan Pasirlaja di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal