VISI DAN MISI DESA CIKUPA KECAMATAN KARANGNUNGGAL TASIKMALAYA

VISI DAN MISI DESACIKUPA KECAMATAN KARANGNUNGGAL TASIKMALAYA

Assalamualaikum WrWb, selamat datang di website Desa Cikupa, kali ini anda sedang mencari Visi Dan Misi Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Tasikmalaya, iya sudah tepat anda membacanya disini, karena akami kami uraikan apa saja point-point dari visi misi tersebut.

Seperti diketahui bahwa setiao lembaga, organisasi, perusahaan dan juga pemerintahan tentu ada yang namanya hal tersebut lantas apa saja sih artinya dan fungsinya, mendingan yuk simak dahulu dibawah ini.

VISI DAN MISI DESA CIKUPA KECAMATAN KARANGNUNGGAL TASIKMALAYA
VISI DAN MISI DESA CIKUPA

 Arti visi

Visi adalah merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat impian, cita-cita atau nilai inti dari suatu lembaga atau organisasi itu sendiri. Dapat pula diartikan suatu visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga. Hal tersebut merupakan isi dari sebuta pikiran-pikiran yang ada pada benak para pendirinya itu.

Gagasan/pikiran itu adalah suatu gambaran dari masa depan dari organisasi yang mau diraihnya. Tidak hanya itupula berpendapat bahwa, visi adalah suatu pandangan tertentu mengenai arah manajemen suatu lembaga. Hal ini tentunya sangatlah menentukan mau dibawa kemana lembaga yang bersangkutan di arahnya masa depan. Selain itupula, bahwa suatu visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa agar hendak dapat mencapai suatu kesuksesan, sebuah organisasi atau lembaga haruslah mempunyai arah yang jelas dan terukur.

Berikut merupakan rangkuman dari pengertian visi itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1.      Visi merupakan suatu tulisan yang di dalamnya terdapat pernyataan cita-cita dari sebuah instansi atau lembaga di masa mendatang.

2.      Visi merupakan suatu tulisan dalam bentuk singkat yang di dalamnya ada pernyataan jelas, dan menjadi arah dari sebuah perusahaan atau organisasi.

3.      Visi memiliki pengertian suatu gagasan yang tertuang dalam bentuk tulisann tentang tujuan khusus atau utama dari suatu organisasi atau instansi.

Arti Misi

 Jika kita sudah tahu arti visi, oleh karena itu kini Anda bakalan diajak lebih jauh terkait dengan apa yang dimaksud dengan sebuah misi. Apabila diawal kita telah diutarakan bahwa visi merupakan tujuan atau arah utama. Sementara itu untuk misi adalah suatu proses atau tahapan yang seharusnya dilalui oleh suatu lembaga atau instansi atau organisasi dengan tujuan bisa mencapai visi tersebut. Tidak hanya sampai disitu, misi juga dapat diartikan sebagai suatu deskripsi tujuan mengapa sebuah instansi atau organisasi berada di masyarakat.

Selain itu juga, ada yang mengatakan bahwa misi adalah penjabaran dari suatu visi. Jika dilihat dari visi hanya ditulis dalam kalimat yang singkat, sementara untuk misi yakni dari menjabarkan visi tersebut terdiri beberapa kalimat yang lebih luas maknanya supaya orang yang membacanya lebih mudah dalam memperoleh pemahaman utuh. Alhasil dapat diambil kesimpulan bahwa misi adalah:

1.      Suatu penjabaran dari visi, baik itu visi lembaga, organisasi, ataupun instansi.

2.      Misi merupakan suatu langkah ataupun tahapan yang semuanya harus dilalui oleh lembaga yang bersangkytan untuk dapat mencapai visi yang utama.

3.      Misi merupakan langkah-langkah yang perlu diambil untuk bisa merangsang capaian yang tertulis di dalam misi utama.

 Arti Visi Misi dan Tujuan Secara Global

Secara global atau keseluruhan bahwa, visi merupakan tujuan utama atau main idea dari berdirinya suatu organisasi atau lembaga dan perusahaan maupun juga pemerintahan. Sehingga pada dasarnya, visi menjadi alasan utama akan terbentuknya suatu lembaga tersebut.

Dasarnya, tidak mungkin sebuah lembaga, organisasi dan perusahaan maupun pemerintahan itu berdiri tanpa adanya visi. Sementara itu untuk misi secara umum adalah serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi. Kedua istilah tersebut, yaitu antara visi dan misi tentunya keduanya saling berkaitan satu sama lain. Dengan adanya tujuan utaman secara umum adalah untuk memajukan dan mengembangkan lembaga, organisasi, atau perusahaan yang dibangun.

Nah, ketika anda membuat sebuah visi misi perusahaan, organisasi, pemerintahan maupun lainnya tentunya tidak bisa secara spontan, Anda harus benar-benar melakukan musyawarah dalam rangka ketika membentuknya. sehingga, lembaga tersbut akan benar-benar hidup dengan visi misi tersebut. Dan tentunya visi misi yang dibuat misalnya dalam sebuah lembaga organisasi dan pemerintahan tidak jauh berbeda dengan nama organisasi tersebut.

Cara Membuat Visi Misi

Dalam membuat visi dan misi, memanglah gampang-gampang susah. Karena hal ini tentunya diperlukan sebuat dipertimbangkan yang mendalam. Akan tetapi, pada dasarnya adalah visi dan misi perlu dirumuskan dengan matang sehingga tidak terdapat adanya unsur terburu-buru. Hal tersebut memang semestinya merupakan benar-benar sesuai dengan cita-cita lembaga atau organisasi yang bersangkutan. Dalam membuat suatu visi dan misi, juga harus dipertimbangkan secara matang untuk apa organisasi tersebut didirikan dan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan cita-cita dan keinginan tersebut.

Fungsi Visi Misi

Visi misi sendiri mempunyai fungsi dan manfaat yang tersendiri. Karena hal ini penting untuk diketahui secara bersama-sama. Pasalnya jika tidak adanya visi misi, organisasi lembaga, perusahaan maupun pemerintahan akan terasa sulit untuk hidup dan berkembang. Simak apa saja fungsi dari visi dan misi yang penting untuk diketahui bersama diantaranya :

  • Dapat mewujudkan cita-cita bersama dalam sebuah organisasi atau lembaga
  • Untuk dorongan untuk selalu maju dan berkembang
  • Agar terhindar dari adanya perubahan haluan yang terlalu jauh dari tujuan awal didirikannya suatu perkumpulan
  • Dapat senantiasa membuat perkumpulan atau lembaga tetap hidup dan berkembang
  • Dapat memudahkan anggotanya yang ingin masuk ke perkumpulan tersebut sehingga visi misi bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

VISI DAN MISI DESA CIKUPA

Nah setelah kita mengetahui dan mengenal lebih jauh akan Visi Misi, tentunya desa cikupa sendiri mempunyai visi dan misi, seperti apa saja yuk mari kita simak penjelasannya berikut ini :

Visi

Menuju desa cikupa lebih maju, dinamis, kondusif, berbudaya serta bermartabat

Misi

  1. Peningkatan sarana prasarana sekolah dan Kober, diniyah, RA, TK  dalam rangka meningkatkan mutu kualitas pendidikan
  2. Meningkatkan UMKM dengan membentuk kelompok UMKM.
  3. Membuka BLK / LPK yang nantinya akan membantu pelaku UMKM  ke arah peningkatan SDM serta peningkatan kualitas dan kuantitas produksi.
  4. Menggali dan meningkatkan potensi Destinasi Wisata yang ada di desa Cikupa.
  5. Meningkatkan sarana prasarana olahraga.
  6. Menuntaskan program  sodetan DAS Cikeruh dalam rangka upaya mengurangi banjir tahunan.
  7. Mengadakan pelayanan bantuan hukum baik perdata maupun pidana dengan menyiapkan kantor LBH di kantor desa Cikupa.
  8. Meningkatkan Pelayanan optimal kepada masyarakat dalam bentuk administrasi maupun pelayanan non administrasi terutama PTSL (SERTIFIKAT MASAL).
  9. Meningkatkan sarana prasana pelayanan kesehatan dengan membuat PUSTU (Puskesmas pembantu) di desa cikupa
  10. Melakukan revitalisasi sarana prasana jalan desa  dan jalan lingkungan dan jalan usaha tani yg belum terhubung dengan desa lain.
  11. Meningkatkan serta mengembangkan sarana air bersih PAMSIMAS dengan melakukan pemasangan Sambungan ke setiap rumah.
  12. Meningkatkan Penerangan jalan dan sarana umum.
  13. Meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintahan desa.
  14. Membangun RUSUNAWA atau rumah susun warga yg berguna membantu warga yang belum memiliki rumah tinggal.
  15. Meningkatkan pelayanan serta perawatan terhadap lanjut usia.
  16. Meningkatkan pelayanan serta pemenuhan kebutuhan anak yatim/ piatu.
  17. Program bank sampah dalam rangka desa tuntas sampah.
  18. Meningkatkan budaya gotong royong.
  19. Meningkatkan sarana prasarana keagamaan.
  20. Meningkatkan kapabilitas tenaga pendidik paud, Diniyah, dan memberikan insentif untuk tenaga pendidik
  21. Meningkatkan pelayanan secara optimal dan akuntabel
  22. Melakukan pembinaan karang taruna dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan dan penyertaan modal pemberdayaan karang taruna.

Demikianlah postingan kali ini mengenai Visi Misi Desa Cikupa yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjalankan semuanya ini dengan baik dan lancar, agar dapat menjadi desa yang berkembang bahkan dapat maju. Terimakasih. Wassalamualaikum Wrwb.

Info Lainnya di Gnews https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMPSDpgwwhvy0BA